Kriptografi "Seni dalam Menulis"

Kriptografi


            Kriptografi adalah sinonim atau persamaan kata dari enkripsi. Enkripsi adalah sebuah teknik yang di lakukan dengan cara sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah pesan dari pesan aslinya. Untuk lebih paham contohnya adalah ketika kita menonton film Mission Imposible, wayn dalam melakukan penggagalan peluncuran roket ketika akan masuk kedalam sistem komputer ia di suruh memasukan pasword, namun passwordnya itu di enkripsi sehingga tidak di ketahui.

Simpelnya adalah menyembunyikan kata dari kata aslinya dengan cara merubah urutan abjadnya. Contoh enkripsi yang saya ketahui : jumlah abjad ada 25 di mulai dari  (nol), yaitu a,b,c,d sampai z.
Nah abjad a sampai z itu di gantikan dengan angka yang di mulai dari angka 0 (nol) , jadi dalam enkripsi adalah huruf a sama dengan angka 0, b sama dengan 1, c=2 d=3 samapai z sama dengan 25. Ketika akan d lakukan enkripsi maka kita tinggal memasukan abjad nya saja yang di gantikan dengan angka sesuai urutanya.

conto saya ingin menulis “kamu” dalam enkripsi yang saya ketahui ini.
Jika abjad a = 0 maka tulisan “kamu” menjadi = 10,0,12,20  .
Kenapa demikian? Karena huruf K ada pada urutan ke 10, A pada urutan pertama yang di mulai dari 0 (nol), M pada urutan ke 12, dan U pada urutan ke 20. Maka jika di tulis secara enkripsi menjadi 10,0,12,20 .

Namun pada penulisan seperti ini akan ada banyak sekali koma untuk menjelaskan urutan hurufnya, jadi mari kita coba sederhanakan yaitu dengan cara mengganti angka 1 pada hitungan belasan menjadi tanda “-“ (strip),  dan angka 2 pada hitungan dua puluhan menjadi tanda (“) kutip dua. Maka dengan demikian penulisan angka 10 (sepuluh) akan di gantikan menadi (-0) (strip nol) , dan penulisan angka 20 akan menjadi (“0) (kutip dua nol) . dengan demikian akan menyingkat agar tidak terlalu banyak koma, dan menjadikan koma tetap pada kegunaan aslinya yaitu penjeda. Dengan ini maka tulisan KAMU di atas tadi akan berubah menjadi :  -00-2”0 .
Strip nol (-0) adalah angka urutan ke 10 yang pada abjad berarti adalah huruf K.
Nol (0) adalah angkar urutan pertama yang dalam abjad berarti adalah huruf A
strip dua (-2) adalah angka urutan ke 12 yang pada abjad berarti adalah huruf M
Kutip Nol (“0) adalah angka urutan ke 20 yang pada abjad berarti adalah huruf U.
Maka akan tertulis KAMU dengan tanpa banyak tanda baca koma.

Nah, kemudian untuk mengamankan sebuah tulisan lagi dengan lebih aman, coba kita balik abjadnya dari paling belakang yang berarti akan menjadi huruf Z adalah berada pada angka 0 (nol) dan huruf A berada pada angka “5 (25) .

Dengan demikian maka tulisan KAMU di atas akan berubah enkripsinya menjadi : -5”5-35

Strip Lima (-5) adalah angka urutan ke 15 yang jika abjadnya di mulai daru huruf Z maka di urutan ke 15 (-5) adalah huruf K
Kutip Lima (“5) adalah urutan ke 25 yang abjadnya di mulai dari huruf Z (0=Z) maka di urutan ke 25 (“5) adalah huruf A
Strip Tiga (-3) adalah urutan ke 13 yang abjadnya di mulai dari belakang ( huruf Z / Z=0) maka urutan ke 13 adalah huruf M
Lima (5) adalah angka urutan ke 5 yang jika abjadnya di mulai dari belakang/Z maka di urutan ke 5 maka adalah huruf U.

Maka jadilah  -5”5-35 atau jika tidak di enkripsi akan menjadi tulisan KAMU .

Nah apa paham? , oke untuk latian coba Dekripsi/Pecahkah kode enkripsi sederhana di bawah ini .

“5”2-3-7-2 -9”5-26”1-2-9 :-0
(kode/tanda simbol yang terpakai dalam enkripsi ini hanya kode strip (-) dan kutip dua (“) selain itu tidak terpakai)

NB : sebenarnya kriptografi lebih dari ini,ini hanya enkripsi sederhana yang ada di otak saya entah sudah ada pembuatnya atau belum. ada banyak bahkan mungkin jutaan trik penyimpanan kata seperti ini yang dulu pernah di gunakan pada masa peperangan untuk menyembunyikan isi suatu surat tertentu antar negara/ Militer. Seperti pada komputer yang saya ketahui yaitu MD5 yang di gunakan untuk meneknripsi sebuah password suatu akun, dan lain lain.

Sekian Terima kasih :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Powered By Blogger